Cara Membangun Perusahaan Dari Awal



Alat dan Aplikasi yang Dibutuhkan Pengusaha

Ketika pengusaha memantapk
an ide bisnis mereka, mereka biasanya siap untuk memulai. Mereka ingin membuat situs web aktif, saluran media sosial berjalan, dan uang masuk melalui pintu. Tetapi memulai bisnis tidak semudah itu dan kebanyakan orang tidak tahu bagaimana membangun perusahaan dari awal. Mereka tidak menyadari berapa banyak langkah yang ada sebelum Anda mulai menghasilkan uang. Anda memiliki rencana bisnis untuk ditulis, pendanaan untuk diamankan, dan bahkan mungkin beberapa perekrutan untuk dilakukan.

Kita tahu, kita tahu - y o u hanya ingin mendapatkan pekerjaan. Kami benar-benar mengerti — tetapi tahap perencanaan itu penting dan Anda akan menganggapnya sangat berharga nanti. Membangun sebuah perusahaan tentu saja terkadang sangat melelahkan, tetapi ada banyak orang dan sumber daya yang dapat Anda gunakan. Berikut adalah panduan Anda, termasuk tips, alat, dan aplikasi untuk pengusaha yang sangat penting untuk membangun perusahaan dari bawah ke atas.

Cara Membangun Perusahaan: Tahap Perencanaan

Semua Pengusaha Sukses Memiliki Rencana Bisnis…

Tidak mungkin membangun perusahaan tanpa rencana bisnis. Faktanya adalah Anda tidak akan mendapatkan investor (belum lagi bank atau karyawan berkualitas) jika Anda tidak dapat menunjukkan kepada mereka bahwa Anda memiliki rencana yang layak. Investor dan karyawan ingin tahu bahwa ada masa depan di perusahaan Anda — bahwa Anda telah memikirkan masa depan jangka panjang bisnis Anda dan bagaimana Anda berniat menjalankan rencana itu.

Jika Anda belum pernah menulis salah satu monster ini sebelumnya, jangan khawatir. Ada banyak sumber daya online dan banyak buku yang ditulis tentang masalah ini. Kami (selain Forbes dan Inc.) merekomendasikan yang satu ini oleh Rhonda Abrams, sebagian karena template dan panduannya, tetapi juga karena cukup menyeluruh. Selain itu, ini masuk ke beberapa prinsip akuntansi dasar dan formulir penjelasan yang pada akhirnya akan terlalu Anda kenal.

Semua rencana bisnis umumnya mengikuti garis besar yang sama (ringkasan eksekutif, deskripsi perusahaan, analisis industri, target pasar, dll.), tetapi itu tidak berarti harus kering atau membosankan. Jangan takut untuk memasukkan budaya, sikap, dan suara perusahaan Anda ke dalam rencana Anda. Investor akan menganggapnya lebih mudah diingat dan mereka mungkin lebih mungkin menginvestasikan dana mereka jika mereka merasa Anda sendiri yang berinvestasi sepenuhnya.

…dan juga Rencana Pemasaran

Dalam setiap rencana bisnis terdapat bagian untuk rencana pemasaran, sehingga beberapa pengusaha menyempurnakan strategi pemasaran mereka di luar sana, tetapi yang lain memilih untuk membuat dokumen mandiri untuk referensi yang mudah. Lagi pula, Anda tidak dapat membangun perusahaan jika tidak ada yang tahu siapa Anda. Apa pun yang Anda pilih, pastikan untuk memikirkan produk atau layanan Anda melalui seluruh proses mulai dari produk jadi hingga pengiriman akhir:

Bagaimana calon pelanggan menemukan Anda?

Bagaimana Anda akan mengirimkan produk atau layanan Anda kepada pelanggan?

Berapa biaya produk atau layanan Anda?

Jika Anda mengirimkannya, bagaimana cara mengemasnya?

Jika produk Anda akan ada di toko, bagaimana Anda akan menampilkannya? Dan bagaimana Anda akan mendapatkannya di rak?

Sekali lagi, ada banyak sumber daya online dan buku Abrams akan memberikan garis besar akal untuk apa yang diperlukan dalam rencana pemasaran Anda . Jangan lupa sertakan media sosial, iklan (baik melalui surat atau online), dan persyaratan personel jika Anda akan memiliki toko batu bata dan mortir sendiri.

Ingatlah bahwa Anda selalu dapat mengubah rencana ini nanti. Tidak ada yang diatur di sini. Keindahan fitur "simpan sebagai" berarti Anda dapat mencatat riwayat Anda dengan mudah. Saat teknologi berubah atau tren bergeser, Anda dapat dengan mudah mengubah rencana Anda. Ini adalah latihan yang baik sesekali, karena apa yang berhasil lima tahun lalu mungkin tidak bekerja lagi. Jangan ragu untuk mengevaluasi kembali jika Anda merasa telah meleset dari strategi pemasaran Anda. Semakin cepat seorang pengusaha gagal, semakin cepat mereka dapat memulai kembali.

Cari tahu Game Apa yang Anda Mainkan

Jason Kotecki, co-founder (bersama istrinya, Kim) dari Escape Adulthood , percaya ada tiga langkah yang harus diikuti pengusaha ketika memulai bisnis. “Langkah pertama,” katanya, “adalah mengetahui permainan apa yang Anda mainkan… Anda harus tahu MENGAPA Anda memulai bisnis ini sejak awal.” Misalnya, jika Anda memulai bisnis Anda sendiri sehingga Anda memiliki jadwal yang fleksibel untuk menghabiskan lebih banyak waktu dengan anak-anak Anda, tetapi Anda mengikuti strategi penskalaan perusahaan teknologi yang berkembang pesat, Anda mungkin mendapati bahwa Anda menghabiskan lebih sedikit waktu dengan anak-anakmu.

Dalam nada yang sama, penting untuk diingat bahwa kesuksesan datang dalam berbagai bentuk (uang, ketenaran, kebebasan, fleksibilitas, dll.). Sekali lagi, jika tujuan Anda adalah menghabiskan lebih banyak waktu dengan anak-anak Anda, maka Anda berhasil jika bisnis Anda mengizinkan Anda melakukannya. Mengetahui apa arti kesuksesan bagi Anda akan membantu Anda tetap di jalur.

Kotecki mengatakan bahwa langkah kedua adalah “memainkan game itu sebaik mungkin.” Fokus pada tujuan Anda. Kumpulkan papan inspirasi jika perlu — dalam contoh ini, itu mungkin berarti meletakkan gambar anak-anak Anda di meja Anda.

Terakhir, langkah ketiga adalah jangan “terganggu oleh pengusaha yang memainkan permainan yang berbeda.” Jadi bagaimana jika Mark Zuckerberg menjalankan setiap hari dan memulai inisiatif amal ? Tujuannya bukan tujuan Anda. Jangan terhalang oleh kesuksesan orang lain. Fokus pada diri Anda sendiri.

Ketahui Setiap Aspek Bisnis Anda

Pengusaha memakai banyak topi. Ketika Anda masih dalam tahap awal membangun perusahaan Anda, Anda mungkin akan melakukan setiap pekerjaan (manajemen, hubungan klien, media sosial, akuntansi, dll.) dan itu adalah hal yang sangat bagus karena nanti, ketika bisnis Anda terlalu besar untuk Anda tangani sendiri, Anda harus mempekerjakan orang untuk membantu Anda — dan Anda harus melatih mereka.

Serena Holmes, Presiden dan CEO Tigris Events , sangat percaya diri untuk menjadi ahli dalam semua aspek bisnis Anda karena "pada akhirnya, Anda ingin sepenuhnya fokus pada pengembangan bisnis sementara aspek lain dari bisnis berjalan sendiri." Semua bagian dan suku cadang lainnya tidak dapat berjalan sendiri jika Anda tidak melatih karyawan Anda dengan benar.

Filosofi ini juga penting untuk strategi keluar Anda. Katakanlah Anda ingin mencurahkan lebih banyak perhatian Anda pada peluang bisnis baru. Perusahaan Anda yang ada harus dapat berjalan seperti mesin yang diminyaki dengan baik saat Anda mengerjakan usaha Anda berikutnya. Holmes mengatakan bahwa pada akhirnya, itu harus "berjalan sepenuhnya independen dari Anda dan menjadi bisnis yang berharga dan dapat dijual."

Pekerjakan Orang yang Tepat

Berbicara tentang perlunya melatih orang baru: jika Anda belum melakukannya, Anda mungkin harus mulai membuat keputusan perekrutan. Jika Anda belum pernah berada di posisi itu sebelumnya, itu bisa sedikit mengintimidasi. Menempatkan iklan di Craigslist atau memposting lowongan pekerjaan di Memang dapat menghasilkan ratusan pelamar dan mengarungi kumpulan itu bisa melelahkan. Tapi tidak ada keraguan tentang itu — orang-orang Anda adalah aset terbesar Anda dan penting untuk membangun perusahaan yang sukses.

Beberapa pelamar akan jelas baik (mereka memiliki pengalaman yang Anda cari dan mereka mengikuti instruksi aplikasi), sementara yang lain akan jelas ... buruk (mereka benar-benar tidak memiliki pengalaman yang Anda cari dan resume mereka penuh dengan kesalahan ejaan). Jika Anda beruntung dan mendapatkan beberapa yang bagus, bagaimana Anda membuat keputusan? Bagaimana Anda tahu orang mana yang benar?

Christina Russell, Presiden Camp Bow Wow , merekomendasikan untuk mempekerjakan orang-orang yang ingin mendorong Anda dan perusahaan Anda maju, dengan menambahkan “Saya ingin mereka menginspirasi saya, bahkan mungkin membuat saya sedikit takut dengan antusiasme mereka dan mendorong melampaui peran mereka.” Memiliki seseorang yang menantang Anda (dengan cara yang baik) di tahap awal perusahaan Anda adalah penting, terutama pada hari-hari ketika Anda sedang berjuang.

Selain itu, kami sarankan Anda meluangkan waktu dengan perekrutan. Melompati pistol dan mempekerjakan seseorang dengan cepat hanya untuk mendapatkan tubuh yang hangat untuk membantu Anda bisa berakhir dengan biaya besar dalam jangka panjang. Jika Anda terjebak dengan seseorang yang tidak berbakat atau termotivasi seperti yang Anda pikirkan, Anda akan menyesalinya dan percaya atau tidak, memecat jauh lebih sulit daripada mempekerjakan (walaupun semua pengusaha pada akhirnya harus melakukannya). Menyingkirkan karyawan yang buruk itu akan menghabiskan banyak waktu dan uang Anda — keduanya bisa dihabiskan untuk seseorang yang bekerja lebih keras untuk Anda.

Cara Membangun Perusahaan: Aplikasi untuk Pengusaha Sukses

Bumerang

Sebagai seorang pengusaha, Anda akan mendapatkan lebih banyak email daripada yang Anda tahu bagaimana menanganinya. Kuncinya adalah untuk tidak kehilangan jejak yang penting. Anda dapat "menandai sebagai belum dibaca" untuk kembali lagi nanti, tetapi jika Anda seperti kami, Anda memiliki 24 pesan acak yang belum dibaca dan pesan tersebut diselingi halaman di kotak masuk Anda. Alih-alih berpikir Anda akan kembali lagi nanti (mungkin tidak), gunakan Boomerang .

Rafael Romis, pendiri dan CEO desain web Weberous menggunakan Boomerang dan menganggapnya sebagai “tak ternilai”. Jika dia mendapatkan email yang ingin dia baca, tetapi tidak memiliki waktu luang pada saat yang tepat, dia akan membalasnya pada waktu dan hari yang telah ditentukan. Ini berarti Anda seharusnya tidak memiliki pesan acak yang belum dibaca yang membayangi.

Mengirim ulang pesan sangat membantu, tetapi fitur favorit kami adalah kemampuan untuk mem-bumerang kembali respons Anda sendiri. Jika Anda mengirim email ke klien (atau klien potensial) dan Anda ingin memastikan seseorang merespons, Anda dapat memberi tahu Boomerang untuk meletakkan email itu kembali di bagian atas kotak masuk Anda jika tidak ada tanggapan pada hari tertentu. Dengan begitu, Anda dapat dengan mudah melacak siapa yang masih perlu Anda tindak lanjuti, menjadikannya aplikasi penting bagi pengusaha.

Pengusaha yang mencoba membangun perusahaan dari awal memiliki tidak kurang dari sejuta hal yang terlintas di benak mereka pada saat tertentu. Mungkin sulit untuk menjaga semuanya tetap lurus, jadi Tyler Benedict, pendiri Bikerumor merekomendasikan penggunaan Evernote untuk membuat katalog semua tugas dan ide Anda.

Salah satu hal yang Benedict sukai dari Evernote adalah semua catatan Anda dapat dicari, jadi jika Anda tidak ingat catatan mana yang Anda masukkan detail produk baru, cari saja. Catatan Anda dapat dibagi menjadi buku catatan (mis: pengembangan web, media sosial, peluncuran produk) dan setiap buku catatan dapat memiliki catatan sebanyak yang diinginkan hati Anda. Anda dapat menyisipkan tautan ke situs web yang mungkin perlu Anda rujuk nanti, gambar yang memotivasi Anda, atau kutipan inspirasional untuk membantu mendorong Anda mencapai tujuan.

Dengan semua teknologi yang kita miliki saat ini, mudah untuk mengunduh aplikasi baru untuk setiap kebutuhan wirausahawan, tetapi Benedict masih kuno dalam satu hal. Dia menyimpan pena dan kertas di samping tempat tidurnya untuk menuliskan ide-ide saat ide-ide itu menyerangnya sehingga mereka tidak membuatnya tetap terjaga di malam hari. Ini juga cocok untuk saat-saat di tengah malam ketika Anda bangun dengan ide cemerlang atau cara baru untuk memecahkan masalah yang Anda alami.

Menggunakan Media Sosial untuk Mempromosikan Bisnis Anda

Setiap bisnis diharapkan memiliki profil media sosial akhir-akhir ini. Tidak memiliki halaman Facebook atau akun Twitter di tahun 2017 pada dasarnya sama dengan tidak memiliki situs web di awal tahun 2000-an — ini membuat orang mempertanyakan legitimasi bisnis Anda. Media sosial hanyalah persyaratan dalam bisnis, jadi ini bukan pertanyaan "jika", melainkan, "bagaimana" Anda akan melakukannya.

Media sosial sangat penting untuk membangun perusahaan dan bagian terbaiknya adalah gratis (dikurangi waktu karyawan, tentu saja). Media sosial adalah cara yang bagus untuk menjangkau dan berinteraksi dengan pelanggan Anda, selain menghasilkan beberapa PR untuk bisnis pemula Anda. Jika Anda tidak tahu cara menge-tweet dan tidak mengerti apa masalah besar tentang Snapchat, pekerjakan seseorang yang tahu, apakah orang itu internal atau dari perusahaan PR.

Jika Anda belum pernah mengelola akun media sosial untuk bisnis sebelumnya (tidak jarang bagi pengusaha), Anda mungkin tidak menyadari betapa memakan waktu. Anda harus aktif memposting , serta menanggapi pesan, tweet, dan komentar yang dikirimkan pelanggan (dan calon pelanggan) kepada Anda. Oleh karena itu, jika Anda memilih untuk tetap menggunakan manajemen media sosial, pertimbangkan untuk menggunakan alat manajemen seperti Buffer atau Hootsuite untuk menjadwalkan posting Anda.

Saat Anda mulai mengembangkan strategi media sosial dan suara yang diinginkan, ingatlah bahwa ini bukan hanya tentang kuantitas posting — ini juga tentang kualitas. Pendiri & CEO Twill , Zac Halloran, sangat berhati-hati dalam menggunakan media sosial untuk mendongeng, bukan pemasaran. Halloran mengatakan Twill tidak selalu mencoba untuk mendorong produk di saluran media sosial mereka.

Mereka tidak benar-benar mencoba menjual barang . “Sebaliknya,” katanya, “kami hanya mencoba menempatkan misi dan produk kami di jalur orang-orang yang terlihat alami. Setelah kami menghubungkan sebuah cerita di media sosial dan membuat konten yang luar biasa, kami dapat membangun koneksi dengan audiens kami.”

Minta Bantuan Pengusaha Lain

Semua pengusaha sukses pernah berdiri tepat di tempat Anda sekarang. Mereka sangat bersemangat, frustrasi, kewalahan, dan hampir menyerah, tetapi mereka bertahan dan membangun perusahaan yang sangat produktif. Mereka tahu bahwa perjuangan hidup startup dan kemungkinannya, setidaknya salah satu dari mereka akan dengan senang hati membantu atau memberikan beberapa panduan.

Jangan takut untuk mengajukan pertanyaan kepada mereka, tetapi hargai waktu mereka. Ingatlah bahwa mereka sama sibuknya dengan Anda, jadi jika mereka memberi Anda waktu luang, bersiaplah dan terorganisir dan tentu saja, bawalah kertas dan pena. Mencatat bukanlah hal yang kasar, selama Anda tidak meminta mereka untuk mengulanginya sendiri atau berbicara lebih lambat. Dan keesokan harinya, kirimi mereka ucapan terima kasih, sebaiknya yang tulisan tangan (jika tulisan tangan Anda dapat dibaca).

Orang-orang suka berbagi kebijaksanaan dan pengetahuan apa pun yang telah mereka kumpulkan sepanjang perjalanan mereka. Dengan sedikit keberuntungan, saran mereka akan membantu Anda, tetapi kemungkinan besar kehadiran mereka akan memberi Anda inspirasi — dan pada hari-hari yang lebih sulit, itulah yang paling Anda butuhkan.

Dan jangan lupakan kami! Proto.io membantu membangun perusahaan dari awal setiap hari dengan membiarkan pengusaha membangun prototipe aplikasi seluler yang terasa nyata. Tidak diperlukan keterampilan pengkodean atau desain. Wujudkan ide Anda dengan cepat! Daftar untuk uji coba 15 hari gratis Proto.io hari ini dan mulai desain aplikasi seluler Anda berikutnya.

Untuk informasi lebih lengkap seputar pendirian PT Anda bisa mengunjungi kami di PendirianPT.co.id.













Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dapatkan Berita Medis Online Terbaru

Tentang Pencari Duplikat MP3 dan Pencari Gambar Duplikat

Cara Mengurangi Mata Minus Dengan Mudah